Pengertian
iklan
Iklan
adalah salah satu komponen marketing
mix yang umum dilakukan oleh perusahaan.
Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi
seseorang pembeli potensial dan
mempromosikan penjual suatu produk atau jasa, untuk mempengaruhi pendapat
publik, memenangkan dukungan publik untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan
keinginan si pemasang iklan. Selain itu, semua iklan dibuat dengan tujuan yang
sama yaitu untuk memberi informasi dan membujuk para konsumen untuk mencoba
atau mengikuti apa yang ada di iklan tersebut, dapat berupa aktivitas
mengkonsumsi produk dan jasa yang ditawarkan.
Iklan
adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat
lewat suatu media. Dimana iklan adalah sebuah seni dari persuasi dan dapat
didefinisikan sebagai desain komunikasi yang dibiayai untuk menginformasikan
dan atau membujuk.
Jenis
jenis iklan
Berdasarkan
tujuannya iklan dibagi menjadi :
a. Comercial
Advertising
Iklan jenis ini bertujuan untuk
mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan ini juga terbagi
menjadi 2(dua) bagian yaitu:
1. Iklan
strategis, digunakan untuk membangun merek hal ini dilakukan dengan
mengkonsumsikan nilai merek dan manfaat produk. Perhatian utama dalam jangka
panjang adalah memposisikan merek serta membangun pangsa pikiran dan pangsa
pasar. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek
serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.
2. Iklan
Taktis, memiliki tujuan yang mendesak. Iklan ini dirancang untuk mendorong
konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan
ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan
respon pada hari yang sama.
b. Corporate
Advertising
Iklan yang bertujuan membangun citra
suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif
produk-produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Iklan
Corporate akan efektif bila didukung oleh fakta yang kuat dan relevan dengan
masyarakat, mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan
kegiatan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.
c. Public
Service Advertising
Iklan Layanan Masyarakat merupakan
bagian dari kampanye sosial marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide
untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat. Biasanya pesan Iklan Layanan
Masyarakat berupa ajakan, pernyataan atau himbauan kepada masyarakat untuk
melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau
merubah perilaku yang “tidak baik” supaya menjadi lebih baik, misalnya masalah
kebersihan lingkungan, mendorong penghargaan terhadap perbedaan pendapat, anti
narkoba dan sebagainya.
Berdasarkan
pendanaannya iklan dibagi menjadi 2(dua) macam yakni :
a. Iklan
Gratis
Iklan
gratis adalah iklan yang dalam pemasangannya tidak memerlukan biaya.
b. Iklan
berbayar
Iklan berbayar adalah iklan yang dalam
pemasangannya memerlukan biaya. Contoh iklan berbayar sangat banyak. Iklan di
TV, di Radio, di koran, poster, reklame dan
billboard memerlukan biaya dalam pemasangannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar